RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(Contoh Format dan petunjuk pengisian)
Satuan Pendidikan : _______________________________
(diisi dengan nama sekolah)
Kelas : ______________
(diisi dengan kelas)
Semester : ______________
(diisi dengan semester)
Program Keahlian : _____________________
(diisi dengan program keahlian/jurusan)
Mata Pelajaran : _________________________
(diisi dengan nama mata pelajaran)
Jumlah Pertemuan : _________________________
(diisi dengan berapa kali pertemuan direncanakan)
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
| |
(diisi dengan SK yang ada pada Standar Isi/Silabus) (diisi dengan KD yang ada pada Standar Isi/Silabus)
Indikator Pencapaian Kompetensi | Tujuan Pembelajaran |
| |
| |
| |
| |
| |
|
(diisi dengan Indikator yang ada pada silabus yang mencakup (diisi dengan proses dan hasil belajar yang hendak dicapai
Kognitf, Psikomotorik dan Afektif) dengan menggunakan rumusan ABCD; Audience, Behaviour, Condition, Degree)
Materi Ajar : Fakta:
_________________________________________________
_________________________________________________
Konsep:
_________________________________________________
_________________________________________________
Prinsip:
_________________________________________________
_________________________________________________
Prosedur:
_________________________________________________
_________________________________________________
(diisi dengan butir-butir yang memuat Fakta, Konsep, Prisnip dan Prosedur sesuai dengan Indikator pencapaian kompetensi)
Alokasi Waktu :
BEBAN BELAJAR | WAKTU | BENTUK KEGIATAN/TUGAS |
TM | 90 | Sesuai kegiatan pembelajaran |
PT | 55 | Siswa melakukan penyelidikan dari koran ekonomi |
KMTT | 0 | |
(diisi dengan Beban Belajar; Tatap Muka, Penugasan Terstruktur, Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur, tulis jumlah waktu dan bentuk penugasan yang diberikan)
Metode Pembelajaran : _________________________________________________
_________________________________________________
(diisi dengan metode yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi peserta didik, serta karakteristik dari setiap indikator dan kompetensi yang hendak dicapai pada setiap mata pelajaran)
Kegiatan Pembelajaran :
KEGIATAN | WAKTU | PERALATAN PENDUKUNG | KETERANGAN |
A. Pendahuluan | | | |
1. .................. | | | |
2. .................. | | | |
3. Dst | | | |
B. Inti | | | |
1. .................. | | | |
2. .................. | | | |
3. Dst. | | | |
C. Penutup | | | |
1. ................... | | | |
2. ................... | | | |
3. Dst | | | |
(diisi dengan bentuk kegiatan, waktu untuk setiap langkah kegiatan dan peralatan pendukung yang dibutuhkan dalam kegiatan pembelajaran. Pada kegiatan INTI, metode yang digunakan disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang meliputi EXLPORASI, ELABORASI dan KONFIRMASI)
Penilaian Hasil Belajar : _________________________________________________
_________________________________________________
(diisi dengan prosedur penilaian, instrumen penilaian (soal atau format penilaian) yang disesuaikan dengan indikator pencapaian kompetensi serta mengacu kepada standar penilaian)
Sumber belajar : _________________________________________________
_________________________________________________
(diisi dengan sumber belajar yang didasarkan pada standar kompetensi dan kompetensi dasar, serta materi ajar, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar